[Request & Tanya?]
Gratis berlangganan artikel di GratisZ Blog Via E-mail, join sekarang!!! Gratis

Tuesday, March 29, 2011

Cara Mengatasi Mesin Motor Satria Fu Mati Saat Hujan

Berikut adalah tips mengatasi mesin motor satria fu saat hujan!

Sumber 1
Banyak SATRIA FU yg takut sm air nah ane disini mw share info aja gmn cara ngatasin'a.. sbelum'a motor ane ky gtu pdhal ud ganti cangklong busi smpe 3x tp ttp aja penyakit'a takut sm air...tp skr gak takut air lg berikut langkah2 yg hrus dperhatikan:

1.dleher knalpot ada lobang kecil nah itu brfungsi utk kluar'a air yg masuk dr celah busi yg diatas head "bersihkan" lobang ini dicolok pke kawat / sjenis'a...

2.karet atas cangklong busi yg nutup lobang busi tarik kbelakang "jgn dlepas" trus kupas lg tu kabel busi spe kawat'a kluar kira2 0,5cm trus pasang lagi kcangklong stelah itu dlem pke power glue ini dlakukan agar tidak ada air yg rembes kdalem cangklong, kmudian pasang lagi karet atas spt semula.

3.badan cangklong busi diolesi dg gemuk klo bs yg "HI-TEMP" (krn mesin SATRIA FU sangat panas) spe karet cangklong bawah ini agar cangklong ttp kedap air..

nah itu yg bs ane share sm teman2 diforum ini yg SATRIA FU'a mngalami kendala takut air...dan trik ini udah ane lakuin spe detik ini di motor ane..saat hujan badai maupun banjir menerjang spe knalpot tenggelam alhamdulillah motor ane ttp capcussssss gas teruuuuuusssss....

Sumber 2
Banyak yang mengatakan bahwa Suzuki Satria F150 itu paling takut terhadap air!
Ternyata memang banyak sekali yang mengalami masalah mesin mati pada Satria F150 nya karena terkena air. Sudah hampir bisa dipastikan bahwa mesin mati karena air itu dikarenakan busi tidak dapat memantik api karena terhalang oleh air ataupun udara yang kadar airnya sangat tinggi (lembab).

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh rekan saya sebagai solusi. Misalnya dengan menambahkan pita perekat isolator pada cap (chop) busi, atau mengganti karet chop busi yang sudah getas (rengat dan retak). Cara ini memang sangat dianjurkan karena lebih melindungi busi dari resiko masuknya air. Cara lain yang menurut saya agak ekstrim adalah menambah sekat penutup dari bahan karet, plastik atau lain - lain, dibentuk sedemikian rupa sehingga lubang busi terlindung dari cipratan air. Saya kira cara ini bagus tetapi dilihat dari sudut estetika keindahan, sangat kurang.

Sebagian besar yang sudah melakukan usaha tersebut mengalami kesuksesan, motornya bisa terus melaju menembus hujan badai. Namun beberapanya masih tetap kecewa, karena mesinnya tetap mati terkena air.

Artikel saya ini mungkin tidak menawarkan solusi yang tepat, tetapi bersifat mengingatkan bahwa masih ada satu bagian lagi yang banyak orang lupa atau bahkan tidak tahu. Tepat di bawah pangkal pipa knalpot ada sebuah lubang kecil yang dibuat dengan tujuan sebagai saluran pembuangan air apabila air masuk dari atas (lubang busi). Tujuannya sebenarnya bagus, tapi sayang lubang ini pun sering tersumbat lumpur yang terpental dari ban depan karena arah lubang ini memang sejajar dengan ban depan.
Gambar di atas adalah posisi lubang saluran pembuangan air. Mudah - mudahan bisa dijadikan patokan untuk mencari posisi lubang tersebut.

Cara membersihkannya mudah, bisa dengan tusuk gigi, kawat keras atau sedotan air mineral kemasan gelas plastik. Yang penting bisa masuk ke lubang tersebut. Kedalaman lubang kira - kira sekitar 8 cm, atau kira - kira sampai ke tengah dalam mesin. Jadi ketika Anda memasukkan tongkat media pembersihnya, bisa dikira - kira seberapa dalam nantinya sampai saat Anda selesai membersihkan lubang.

Baiknya lubang ini selalu diperiksa secara berkala, terutama untuk motor yang sering melewati jalan basah, jalan berlumpur (becek) atau sering terkena hujan.


sumber1: http://www.facebook.com/topic.php?uid=236344742494&topic=13430
sumber2: http://adeshabri.blogspot.com/2009/01/satria-fu150-mati-mesin-saat-hujan.html
Komentar Saya:
Hehe, ane posting sekalian kayak ginan soalnya ane lagi demen sama motor ginian!!!

1 comments:

Unknown on December 21, 2017 at 7:29 PM said...

terima kasih infonya gan

Post a Comment

Bagi yang tidak punya user G-mail, anda bisa mengomentar sebagai Anonymous atau Name/URL.
Name *Disi dengan Nama anda
URL *Disi dengan alamat Web anda, jika tidak punya boleh tidak diisi
Komentar akan langsung mucul langsung tanpa konfirmasi admin!!!

Oke All, Saya tungu komentarnya!!!

 

Blog Saya Yang Lain

GratisZ™: Cara Mengatasi Mesin Motor Satria Fu Mati Saat Hujan Copyright © 2009-2016 Template by Gofresh Media

| Forum Diskusi | New Post | New Comment | Thanks Blogger | About Me |